Minggu, 17 April 2022

Soal Online PTS Genap Kelas 7 Berbasis AKM


SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022


Nomor 1.

Topik : Numerasi
Subtopik : Bilangan
Level Kognitif : HOTS
Bentuk Soal : MCQ Table (Pilihan Ganda Tabel)

Perhatikan teks berikut!

MINA PADI

Mina padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan. Oleh karena itu, selain mendapat hasil panen yaitu padi, petani yang menerapkan sistem mina padi juga dapat memanen ikan. Pak Made adalah salah satu petani di Bali yang menerapkan sistem mina padi di sawahnya. Pak Made mengatakan bahwa dengan menerapkan sistem mina padi, pendapatan dari hasil panen beliau meningkat. “Akan tetapi, perawatan padi dan ikan pada sistem mina padi memang gampang-gampang susah”, katanya.

Benih ikan yang ditebar oleh Pak Made di sawah beliau yang seluas 1,5 ha adalah ikan emas dan ikan nila yang masih berukuran 5 cm sampai dengan 8 cm dengan kepadatan 5.000 ekor/ha. Perbandingan benih ikan emas dengan benih ikan nila yang ditebar oleh Pak Made adalah 3 : 2. Harga bibit ikan nila adalah Rp500,00/ekor dan harga bibit ikan emas adalah dua kali lipatnya. Setiap pagi, Pak Made memberi pakan tambahan berupa dedak halus 250 kg/ha untuk ikan yang ada di sawahnya.

Setelah tujuh puluh hari, Pak Made memanen ikannya tersebut. Total ikan yang dipanen adalah 6.500 kg/ha. Perbandingan hasil panen ikan emas dan ikan nila sama dengan perbandingan benih ikan ketika ditebar. Harga ikan emas dan ikan nila yang dipanen oleh Pak Made berturut-turut adalah Rp30.000,00/kg dan Rp27.000,00/kg. Sekitar 2 bulan kemudian, Pak Made memanen padinya dengan hasil panen 5,7 ton/ha. Pak Made menjualnya dalam bentuk gabah kering panen (GKP) dengan harga Rp5.000,00/kg.


Tentukan benar atau salah pernyataan berikut dengan memberi tanda ✓ pada kolom yang sesuai!
 

 

Nomor 2.

Topik : Numerasi
Subtopik : Bilangan
Level Kognitif : HOTS
Bentuk Soal : Text Input (Isian Singkat)


Perhatikan teks dan ilustrasi berikut!

RUTE PERJALANAN

Suatu hari, Mayer sedang berjalan-jalan mengelilingi beberapa titik. Rute perjalanan Mayer terlihat pada gambar di bawah ini.


Terdapat 5 titik lokasi Mayer singgah, yaitu titik A, B, C, D, dan E. Untuk mencapai titik-titik tertentu, Mayer menghabiskan energi setara dengan angka yang ditampilkan pada gambar.

Sebagai ilustrasi: Mayer ingin mencapai titik B dari titik A. Rute ke B membutuhkan 1 energi. Dari titik B ke titik E membutuhkan 2 energi. Jadi, jika Mayer berjalan dari A ke B, lalu ke E, maka ia menghabiskan total 3 energi. Rute ini bisa ditulis sebagai A-B-E.

Saat ini, Mayer berada di titik A dengan berbekal x energi. Jika kemudian Mayer menempuh rute A-B-C-A-D-E, dan yang tersisa adalah 7 energi, total energi Mayer awal mula-mula adalah ... energi.

Jawab:

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Nomor 3

Topik : Numerasi
Subtopik : Bilangan
Level Kognitif : HOTS
Bentuk Soal : Checklist (Pilihan Ganda Kompleks)


Perhatikan teks berikut ini!

KLASEMEN LIGA SEPAK BOLA

Suatu liga sepak bola telah berlangsung hingga tiap tim memainkan 25 pertandingan. Posisi 6 tim terbaik adalah sebagai berikut.

Sebanyak 3 poin diperoleh untuk tiap kemenangan. Tiap pertandingan yang berakhir seri mendapatkan 1 poin, sedangkan kalah tidak mendapatkan poin.

Tim yang tidak ada peluang naik peringkat pada pertandingan berikutnya meski memperoleh kemenangan adalah ....

Catatan: Jawaban bisa lebih dari satu
  •  Chelocean
  •  Heparpool
  •  Lesta City
  •  Manchasta United
  •  West Hum United
Untuk latihan soal PTS genap dalam format google form klik link berikut.

 PTS Genap Matematika

0 komentar:

Posting Komentar

Kalam Allah